Senin, 26 April 2010

ZODIA TANAMAN PENGUSIR NYAMUK


Koba – Nyamuk merupakan serangga yang banyak menimbulkan masalah bagi manusia. Selain gigitan dan dengungannya yang mengganggu, nyamuk merupakan factor atau penular beberapa jenis penyakit berbahaya dan mematikan, seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah dan cikungunya. Berbagai cara telah dilakukan manusia untuk menghindari serangan nyamuk, antara lain dengan menyemprotkan racun anti nyamuk atau mengoleskan lotion anti nyamuk. Sebenarnya ada cara yang lebih ramah lingkungan untuk mengatasi gangguan nyamuk, yakni memanfaatkan tanaman anti nyamuk seperti ZODIA ( EVODIA SUAVEOLENS ).
Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pada hari Rabu tanggal 14 April 2010 telah menyerahkan bantuan berupa bibit tanaman Zodia sebanyak 1000 batang di Kelurahan Simpang Perlang. Acara ini dibuka oleh Camat Koba. Kegiatan ini telah dilaksanakan di 3 Kelurahan, yakni Kelurahan Padang Mulya, Kelurahan Simpang Perlang dan Kelurahan Koba, dengan jumlah bibit keseluruhan 3600 batang  di 3 kelurahan tersebut. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Hj. Sopiah Abu Hanifah ( Ketua TIM Penggerak PKK Kab. Bateng ), Adam Sofyan (Ketua LSM Rumpun Bambu), Lurah Simpang Perlang, Camat Koba dan Masyarakat. Kegiatan ini merupakan bantuan dari PEMKAB Bateng berkerjasama dengan LSM Rumpun Bambu.
Dalam sambutannya Drs. Irwan ( Camat Koba) mengatakan Zodia adalah tanaman perdu yang berasal dari papua. Tanaman ini bisa mengusir nyamuk, baik didalam ruangan maupun dipekarangan. Hal ini disebabkan karena tanaman ini menghasilkan aroma yang cukup tajam yang berasal dari kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine yang tidak disukai oleh serangga. Dan mengharapkan agar masyarakat dapat membudidayakan tanaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG
BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL
SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANGKA TENGAH

Powered By Blogger