Rabu, 14 April 2010

PESERTA UPACARA MULAI DARI KALANGAN PNS HINGGA PARA PELAJAR


“PERINGATAN Hari Ibu ke -81 merupakan salah satu upaya mengenang dan menghargai para perempuan yang telah berpartisipasi didalam melaksanakan kongres, perempuan Indonesia  tanggal 22 Desember 1928 di Jogjakarta, kemudian mereka ikut berjuang mencapai Indonesia merdeka dan mempertahankannya, serta mengisi kemerdekaan itu melalui peran serta dalam pembangunan nasional,” ujar Bupati Bangka Tengah H. Abu Hanifah yang membaca sambutan tertulis Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
Kaum perempuan bukan hanya pelengkap dalam memperjuangkan Negara ini, tapi perempuan menjadi bagian utama seperti kaum laki-laki dalam memajukan kehidupan bangsa dan turut berkiprah di berbagai bidang, seperti pendidikan, politik, ekonomi, hukum sosial budaya, pertahanan dan keamanan.
Namun, tidak dapat dipungkiri dewasa ini masih terdapat empat bentuk proses diskriminasi terhadap perempuan. Yaitu, masih adanya penolakan terhadap perempuan di ruang publik, rendahnya anggaran untuk menghapuskan diskriminasi dan kesenjangan gender, masih rendahnya perhatian untuk memenuhi hak kesehatan reproduksi dan perlindungan kerja dan maraknya peraturan daerah yang diskriminatif.
Olah karena itu, diperlukan suatu strategi pembangunan yang bersifat inklusif dan menghormati pluralis dalam berbagi program dan kebijakan pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Artinya perwujudan keadilan dan kesetaraan gender dan masyarakat yang plural merupakan agenda penting pemerintah saat ini dan kedepan. Tema peringatan hari ibu ke-81 tahun 2009 adalah “Kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam pembangunan nasional atau biasa disebut kesetaraan gender” tukas Bupati.
Kesetaraan gender diprioritaskan pada sektor-sektor pembangunan yang menjadi komitmen kita didalam mencapai tujuan pembangunan millennium (MDG), khususnya tujuan tentang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG
BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL
SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANGKA TENGAH

Powered By Blogger